info
Shalom. Salam sejahtera untuk kita semua. Tuhan Memberkati. Amin.

DETAIL SERMON

HIDUP YANG SELALU MENYENANGKAN TUHAN

Di lihat : 1778 kali

Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya." (Yohanes 8:29)

Prototype atau model hidup yang berkenan kepada Allah adalah Yesus Kristus. Yesus meninggalkan teladan bagi kita supaya kita mengikuti jejak-Nya. (1 Petrus 2:21). Berkali-kali Bapa di sorga berkata, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi kepada-Nyalah Aku berkenan (Matius 3:17, 17:5). Perhatikan perkataan Yesus “Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya”. Pertanyaannya: Apakah yang Yesus senantiasa perbuat sehingga hidup-Nya selalu menyenangkan Bapa di Sorga?

Ibrani 11:5. Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah. 6. Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. 7. Karena iman, maka Nuh--dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan--dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.

Dalam bacaan tersebut di atas ditegaskan bahwa modal dasar supaya orang berkenan kepada Allah adalah Iman, karena tanpa iman tidak mungkin orang bisa berkenan kepada Allah. Iman itu diwujudnyatakan dengan Taat kepada Kehendak Bapa. Seantero Hidup Yesus, Ia senantiasa taat kepada kehendak Bapa-Nya. Filipi 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Di Taman Getsemani Ia berdoa, “Bukan kehendak-Ku yang jadi melainkan kehendak-Mu yang jadi.

Ibrani 5:8. Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya, 9. dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya, Pokok Keselamatan artinya Tuhan Yesus menjadi teladan dan contoh kita, sekaligus yang menolong kita mampu hidup seperti Dia. Pokok Keselamatan: Aitios Soterea. Aitios: artinya: Penyebab, Sumber, Alasan,  the cause of anything resides, the author (Penggubah), yang mengatur, merancang manusia memiliki kualitas seperti Diri-Nya.

Taat, bahasa Yunani: Hupokouo artinya: Mendengar dengan sungguh-sungguh dan mengikuti. TO LISTEN ATTENTIVELY, to harken a command, Of one who on the knock at the door comes to listen who it is, to obey, be obedient to, submit to.

Taat itu kata kerja AKTIF.  Ketaatan bukan suatu yang mudah. Karena ketaatan bukan sesuatu yang mudah, untuk itulah kita perlu BELAJAR untuk TAAT.  Yesus belajar untuk bisa taat.

Ketika Yesus berada di bumi ini, Ia mengenakan tubuh manusia sama seperti kita. (Bdg Roma 8:3. Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging). Semua yang Yesus lakukan tidak Ia lakukan dengan kekuatan dan Kekuasaan-Nya sebagai Tuhan, melainkan dengan mengenakan tubuh manusia sama seperti kita. Saat Ia lahir ke dunia, tumbuh menjadi besar, Ia sama seperti kita. Tetapi Ia senantiasa menuruti kehendak Bapa. Itu artinya bahwa kita, dengan kekuatan Roh Kudus juga sanggup untuk meneladani Yesus, yaitu menuruti kehendak Bapa.

Menuruti kehendak Bapa harus menjadi fokus kita selama kita hidup di bumi ini. Yoh 6:38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Yoh 4:34 Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Belajar dari hal-hal kecil, yang kelihatannya mudah, mis: Taat memberi persepuluhan, taat ibadah setiap minggu, bersaat teduh setiap hari. Domba belajar taat kepada Gembala. Kambing suka nanduk alias melawan. Domba itu taat, Domba mendengar Suara Gembala. Yoh 10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, Domba ada disebelah kanan, dimana raja akan berkata “Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan” (Matius 25:34).

Taat kepada yang kelihatan, itu susah apalagi kepada yang tidak kelihatan. Taat itu barang mewah, untuk taat perlu perjuangan karena itu bukan natur kita. Natur kita sejak lahir maunya memberontak. Kita yang harus belajar dan melatihnya. Untuk taat seseorang harus melawan kedagingannya.

Ilustrasi: Di sebuah sekolah taman kanak-kanak dilakukan penelitian yang menarik. Penelitian ini memakai siswa satu kelas sebagai sampelnya. Seorang guru di kelas itu berkata, "Anak-anak, ibu menaruh kue dan permen ini di atas meja. Ibu ada keperluan di kantor. Nanti kalau ibu kembali, ibu akan bagikan semua kue dan permen ini pada kalian."Tanpa sepengetahuan anak-anak, para peneliti memasang monitor CCTV yang dipakai untuk melihat apa saja yang dilakukan anak itu. Begitu sang guru keluar, beberapa anak segera mengambil kue dan permen. Sebagian anak awalnya ragu, tetapi melihat sikap teman yang lain mereka pun ikutan mengambil. Hanya sedikit anak yang taat dan tetap duduk di bangkunya. Dengan cermat para peneliti mencatat perilaku setiap anak.

Tiga puluh tahun kemudian, mereka mengadakan penelitian ulang terhadap anak-anak tersebut. Ternyata, anak-anak yang dulu taat sekarang jadi orang yang berhasil dan sukses. Sedangkan yang tidak taat menjadi orang yang gagal, baik dalam rumah tangga maupun karir yang mereka bangun. Yes 1:19 Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.

Ketaatan sejak dulu zaman Perjanjian Lama sudah menjadi hal yang menyukakan Tuhan.

1 Sam 15:22 Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan. NIV:  But Samuel replied:“Does the Lord delight in burnt offerings and sacrifices as much as in obeying the Lord?
To obey is better than sacrifice, and to heed is better than the fat of rams. NKJV: Behold, to obey is better than sacrifice. BIS: Tetapi Samuel berkata, "Manakah yang lebih disukai TUHAN, ketaatan atau kurban persembahan? Taat kepada TUHAN lebih baik daripada mempersembahkan kurban. Patuh lebih baik daripada lemak domba.

Mendengarkan, Ibr: Shama artinya: to listen, to hear, to hearken, to obey. to hear intelligently. Memperhatikan, Ibr: Qashab artinya: be attentive, pay attention, give attention. Langkah awal supaya hidup berkenan kepada Allah adalah percaya Yesus bagi umat PB. Yoh 14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Yoh 6:29 Jawab Yesus kepada mereka: "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah."

Sebelum kita percaya kepada Yesus, kita adalah musuh Allah. Roma 5:10. Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Setelah kita percaya kepada-Nya kita diperdamaikan dengan Allah dan bisa hidup menyenangkan Dia. Percaya diwujudnyatakan dengan senantiasa Taat kepada kehendak Allah. Itulah hidup yang senantiasa menyenangkan Allah. Amin.

Pdt. Cecep Soeparman

Pdt. Cecep Soeparman, Wakil Gembala di GBI FILEMON

RELATED SERMON

14 Jun 2017

YESUS BANGKIT DAN HIDUP

Kebangkitan Kristus merupakan kebenaran yang sangat penting bahkan menjadi kebenaran yang terpenting dalam iman kri...

13 Jun 2017

ROH KUDUS YANG MEMBERDAYAKAN

Sebelum Yesus naik ke Sorga, Dia berjanji akan mengirimkan Roh Kudus ke atas murid-murid-Nya. Murid-murid akan mene...

12 May 2017

Hamba Tuhan yg Bukan Hamba Uang

Paulus menjadi teladan bagi semua hamba Tuhan (pendeta dan sejenisnya serta semua org percaya). Ia tdk pernah mengi...

Filemon On Air
Bible Study
GBI FILEMON 2018