info
Shalom. Salam sejahtera untuk kita semua. Tuhan Memberkati. Amin.

DETAIL SERMON

PANGGILAN UTAMA MANUSIA ALLAH

Di lihat : 2116 kali

“Berjuanglah sungguh-sungguh untuk hidup sebagai orang Kristen supaya engkau merebut hadiah hidup sejati dan kekal. Sebab untuk itulah Allah memanggil engkau pada waktu engkau mengakui di hadapan banyak orang bahwa engkau percaya kepada Kristus” (1 Timotius 6:12 BIS).

 

      Panggilan utama orang percaya adalah berjuang setiap saat untuk memiliki hidup yang sempurna seperti Kristus. Setiap saat, begitu mata terbuka di pagi hari harus sudah mulai berjuang menjadi seorang yang tidak bercacat cela dalam segala sesuatu yang dipikirkan, diucapkan dan dilakukan. Ini menjadi prioritas utama dan satu-satunya tujuan hidup. Segala sesuatu yang dilakukan baik studi, karir, bisnis, bekerja, pelayanan gereja dan lain sebagainya hanyalah dukungan untuk perjuangan tersebut. Pergumulan menjadi manusia Allah yang sempurna adalah pergumulan yang sangat pribadi, dapat dirasakan dan sulit diungkapkan. Mengapa begitu pribadi? Sebab pada dasarnya proses menjadi manusia sempurna adalah proses membentuk manusia batiniah, sikap hati. Tentu saja berbicara mengenai sikap hati sangatlah pribadi. Kekristenan adalah sangat simpel tetapi sangat sukar bahkan dipandang sebagai mustahil. Bagaimana tidak mustahil? Dari manusia berdosa (sinful nature) harus menjadi manusia yang sempurna seperti Allah Bapa dengan kodrat ilahi (divine nature). Dari manusia yang berdosa bahkan yang tidak bisa tidak berdosa (non posse non peccare) menjadi manusia yang tidak berdosa bahkan tidak bisa berbuat dosa lagi (non posse peccare). Ini yang disebut pemulihan gambar Allah yang rusak. Itulah keselamatan, Keselamatan adalah usaha Tuhan mengembalikan manusia kepada rancangan-Nya semula. Terkait dengan hal ini Tuhan Yesus berjanji bahwa bagi manusia hal tersebut tidak mungkin, tapi bagi Allah segala sesuatu mungkin terjadi (Matius 19:26). Jika seseorang sungguh-sungguh memiliki kerinduan untuk menjadi sempurna, maka Tuhan melalui Roh Kudus akan memuridkan orang percaya tersebut menjadi manusia Allah yang berhasil.

Suatu ketika ada seorang anak bertanya kepada Ibunya, “Ibu apakah mungkin saya hidup benar tanpa berbuat dosa sepanjang tahun?”.Ibunya memandangnya dengan serius kemudian menjawab: “Tidak mungkin bisa nak, itu mustahil”. Anaknya kembali bertanya: “Kalau satu bulan apakah bisa saya hidup benar bu?”. Ibunya menjawab: “Rasanya hampir tidak mungkin nak”. Si anak kembali bertanya: “Kalau dalam satu minggu apakah bisa bu?” Ibunya pun menjawab: “Sukar sekali nak”. Tanpa putus asa si anak bertanya lagi: “Kalau dalam sehari apakah bisa saya hidup benar bu?”. Ibunya menjawab: “Mungkin saja bisa nak, tapi itu pun masih sulit”. Kalau begitu pertanyaan terakhir bu, kalau dalam satu jam, apa bisa saya hidup benar tanpa berbuat dosa?” Ibu-nya dengan tersenyum menjawab: “Kalau satu jam, kamu bisa nak hidup benar” Si anak berkata: “Kalau begitu saya akan berusaha hidup benar setiap jam”.  Tuhan Yesus memberkati! (Sumber: Khotbah Pdt. Cecep Soeparman, Minggu, 6 Maret 2016.)

Pdt. Cecep Soeparman

Pdt. Cecep Soeparman, Wakil Gembala di GBI FILEMON

RELATED SERMON

14 Jun 2017

YESUS BANGKIT DAN HIDUP

Kebangkitan Kristus merupakan kebenaran yang sangat penting bahkan menjadi kebenaran yang terpenting dalam iman kri...

13 Jun 2017

ROH KUDUS YANG MEMBERDAYAKAN

Sebelum Yesus naik ke Sorga, Dia berjanji akan mengirimkan Roh Kudus ke atas murid-murid-Nya. Murid-murid akan mene...

12 May 2017

Hamba Tuhan yg Bukan Hamba Uang

Paulus menjadi teladan bagi semua hamba Tuhan (pendeta dan sejenisnya serta semua org percaya). Ia tdk pernah mengi...

Filemon On Air
Bible Study
GBI FILEMON 2018